Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Rabu, 29 Juli 2015

Arti Evakuasi dan Penjelasannya Lengkap

arti evakuasi

Arti Evakuasi dan Penjelasannya Lengkap - Kalian pasti bertanya-tanya sebenarnya maksud dari kata evakuasi itu apa? Sering kita dengar istilah evakuasi digunakan atau di ucapkan pada saat ada berita-berita di televisi, berita yang ada di koran juga sering menggunakan istilah ini. Dan selalu berhubungan dengan bencana alam, korban, dan penyelamatan atau pengungsian karena memang sangat erat hubungannya dengan ketiga hal tersebut.

Meskipun pada kegiatan sehari-hari, kata ini akan jarang di ucapkan tetapi sering kita dengar yaitu pada saat ada berita tentang bencana alam di televisi maupun koran, karena sering kita dengar itulah cukup penting untuk mengetahui definisi nya secara jelas dan lengkap.

Seperti penjelasan di atas, walaupun sudah sering kita dengar namun beberapa orang masih belum mengetahui artinya karena itulah pada artikel kali ini akan saya terangkan apa artinya dengan lengkap serta mudah dimengerti agar kalian tidak bingung lagi setelah selesai membaca artikel ini. Perlu kita tahu terkadang orang-orang masih salah paham dengan arti evakuasi, lalu bagaimana yang sebenarnya? Mari simak bersama penjelasannya dengan saksama agar paham secara keseluruhan disini saya akan menjelaskan arti kata evakuasi, definisi evakuasi, contoh, dan tindakan yang dilakukan semoga kalian mengerti :

Arti Kata Evakuasi

arti kata evakuasi

Arti kata Evakuasi menurut Bahasa : Pemindahan, Menyingkirkan, Pengungsian, Membawa penduduk ke tempat aman, Menjauhkan dari daerah bencana atau berbahaya, Mengungsikan orang-orang dari ancaman bencana atau perang ke zona aman.

Pengertian Evakuasi menurut Istilah : Suatu tindakan memindahkan orang-orang yang terkena bencana atau yang berada dekat dengan daerah berbahaya ke tempat aman dan jauh dari zona berbahaya dengan tujuan agar korban atau orang-orang tidak terkena efek dari bencana tersebut. Bisa juga ketika ada peperangan sedang bergejolak maka penduduk yang tidak ikut perang seperti wanita atau anak-anak di pindahkan ke tempat aman agar tidak jadi sasaran penyerangan.

Dengan kata lain adalah mengungsikan orang sekitar ke tempat lain yang jauh dari zona rawan dengan cara-cara tertentu seperti membawanya dengan mobil, pesawat, kapal, menggendong, membopong, mengangkatnya.

Bencana tersebut bisa banjir, tanah longsor, angin topan, tornado, tsunami, kebakaran, perang antar kampung, perang saudara, gempa bumi dan lain sebagainya. Bisa juga orang yang terkena kecelakaan seperti tabrakan di jalan antar motor.

Biasanya mereka akan dibawa ke tenda darurat, atau tenda penyelamatan. Pada tenda tersebut ada dokter atau orang yang mengobati sakit, disana akan dikumpulkan atau dirawat bagi yang terkena luka baik luka ringan maupun berat. Ada juga polisi untuk menjaga tempat tersebut agar aman dari hal-hal tidak diinginkan.

Orang yang mengevakuasi biasa disebut relawan, mereka akan memasuki zona rawan bencana untuk menyelamatkan penduduk yang masih terjebak di daerah berbahaya dan membawanya ke tempat aman. Relawan tersebut membawa peralatan sederhana berguna sebagai alat bantu untuk menyelamatkan korban. Lalu terkadang mengendarai mobil atau motor guna transportasi untuk pembawa korban.

Definisi Evakuasi Medik Lengkap : Upaya memindahkan atau membawa penderita gawat darurat (orang yang terkena luka cukup berat) ke tempat yang memiliki fasilitas medis memadai untuk melakukan perawatan terhadap korban agar tidak meninggal.

Menurut Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) : Pemindahan penduduk baik orang biasa maupun korban yang berada pada zona berbahaya, pemindahan tersebut dikarenakan adanya bencana alam seperti banjir atau gempa bumi.

Penjelasan Geografi Evakuasi : Pengungsian penduduk dikarenakan adanya gangguan keamanan seperti peperangan.

Definisi Berevakuasi : Menyingkir, Melakukan Evakuasi, Mengungsi, Menjauh, Menyelamatkan diri.

Arti Mengevakuasi : Memindahkan, Melakukan tindakan evakuasi terhadap penduduk atau korban

Contoh Evakuasi

  • Ketika ada bencana tsunami di Aceh, orang-orang datang untuk melakukan evakuasi terhadap korban tsunami
  • Ketika ada perang di Palestina, WNI datang ke negara Palestina untuk menyelamatkan mereka dari bahaya perang
  • Mengevakuasi korban bencana banjir di Jakarta
  • Mengungsikan korban lumpur lapindo ke tempat aman
  • Evakuasi yang dilakukan korban bencana gunung meletus seperti saat meletusnya gunung merapi beberapa waktu lalu
  • Saat ada kecelakaan jatuhnya pesawat terbang di laut, tim khusus dikerahkan untuk mencari korban selamat yang ada di laut

Tindakan yang Dilakukan

  1. Melakukan upaya lokalisir
  2. Penyelamatan korban
  3. Penyelamatan aset atau harta berharga
  4. Membawa korban ke tempat aman
  5. Tindakan medis seperti melakukan pertolongan pertama
Sekian postingan saya kali ini mengenai Arti Evakuasi dan Penjelasannya Lengkap semoga bermanfaat dan semoga kalian paham mengenai penjelasan saya. Terima kasih atas kunjungannya di blog ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar