Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Kamis, 30 Maret 2017

Cara Membuat Presentasi Menggunakan PowerPoint dengan Cepat

Selamat datang di blog Tutorial Umum, blog yang membahas tetang tutorial software yang ada di komputer. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Presentasi Menggunakan PowerPoint dengan Cepat. Semoga artikel ini mudah di fahami dan bermanfaat bagi penulis dan pembacanya.

Membuat file untuk sebuah presentasi sebenarnya tidak sulit, dan tidak memerlukan keahlian yang memadai. Dikarenakan sekarang sudah banyak software yang mempermudah kita untuk membuat file presentasi itu sendiri.

(Baca juga : Cara Mengunci atau Memproteksi Sheet di Microsoft Office Excel)

Sebetulnya saya baru menggunakan file presentasi ini saat perkuliahan saja, itupun karena tuntutan tugas yang mengharuskan saya membuat file presentasi ini dengan menggunakan Microsoft Office PowerPoint. Namun sangat disayangkan Microsoft Office PowerPoint itu berbayar, dan harganya sangat mahal. Jadi banyak yang mengusahakan mendapat software ini dengan cara cracking.

Selain Microsoft OfficePowerPoint sebetulnya banyak software gratis yang menyediakan tempat untuk membuat file-file sejenis ini, yang dikenal sebagai Open Office. Disini kita tidak dituntut membeli, seperti Microsoft. Kita hanya diberikan hak untuk mendonasikan uang seikhlasnya kepada si pembuat Open Office itu.
Cara Membuat Presentasi Menggunakan PowerPoint dengan Cepat

Baiklah disini saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2007. Jika belum punya atau mungkin sudah punya versi diatasnya juga bisa mengikuti cara ini, karena tampilannya juga masih sedikit sama dengan versi Microsoft Office PowerPoint 2007.

(Baca juga : Cara Menyembunyikan File dan Folder yang Ada di Komputer)

Untuk cara membuat presentasi menggunakan powerpoint, silahkan ikuti langkah-langkah dari saya berikut ini.

Cara Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft Office PowerPoint dengan Cepat

  1. Buka Microsoft PowerPoint kalian, jika tidak tahu dimana bukanya langsung saja klik Start yaitu logo Microsoft, klik All Programs, pilih Microsoft Office, dan pilih Microsoft Office PowerPoint.
    Tugas dasar untuk membuat presentasi PowerPoint
  2. Di Microsoft PowerPoint kalian, pilih menu Design, kemudian pilihlah tema yang sesuai dengan karakter presentasi yang akan kalian tampilkan, dan disini saya memakai Theme concourse. Disini kalian juga bisa mengganti Colors(warna), Fonts(bentuk tulisan), dan Effecst(efek)nya sesuka hati kalian.
    3 Cara untuk Membuat Presentasi Menggunakan PowerPoint
  3. Setelah memilih tema yang tepat, sekarang kalian bisa menambahkan Judul di Click to add title, dan menambahkan judul kedua di Click to add subtitle. Sebagai contoh disini saya membuat judul Tutorial Presentasi, dan membuat sub judul Oleh : Tutorial Umum.
    Cara Membuat PowerPoint yang Menarik Perhatian Audiens
  4. Setelah menambahkan Judul dan Subjudulnya, kalian bisa menambah slide baru di menu Home, pilih New Slide, kemudian pilihlah tampilan layout slide berikutnya. Sebagai contoh disini saya memilih tampilan layout Title and Content (Judul dan Konten).
    Cara membuat presentasi di Microsoft PowerPoint
  5. Setelah membuat slide baru, hampir sama seperti di slide awal, yang kita lakukan adalah menambah Judul di Click to add title, dan menambah text di Click to add text. Sebagai contoh disini saya membuat judul dan textnya, untuk slide selanjutnya silahkan ulangi langkah ke-4.
    Cara Membuat Slide Presentasi Powerpoint Yang Baik dan Menarik
  6. Untuk menghapus Slide yang sudah dibuat langsung saja pilih slide yang ingin di hapus, kemudian pilih Delete di keyboad. Atau pilih slide yang ingin dihapus, klik kanan pada slide, kemudian pilih Delete Slide.
  7. Agar saat menampilkan slide menjadi lebih menarik, pilih slide yang akan dibuat animasinya, kemudian pilih menu Animations dan pilihlah animasi slide yang kalian inginkan. Sebagai contoh disini saya menggunaan animasi Random (acak). Jika kalian ingin menambahkan efek suara, kalian bisa memilih suara yang kalian inginkan. Begitu pula dengan kecepatan transisi slidenya. Kalian juga bisa menambahkan efek slide untuk semua slide dengan memilih Apply To All.
    8 Cara Membuat Slide Presentasi Powerpoint Anda Tampil Beda
  8. Untuk animasi textnya, masih sama seperti langkah ke-7 di menu Animations, pilihlah Custom Animations. Setelah formnya tampil, pilih text yang ingin kalian tambahkan efek animasinya, kemudian pilih Add Effect, dan pilihlah animasi yang kalian inginkan. Sebagai contoh saya memilih Entrance dan memilih Random Effects.
    Cara Membuat Presentasi PowerPoint dengan Cepat Menggunakan Template WOW Presentation
  9. Setelah semua slide sudah dibuat, kemudian simpanlah slide yang sudah dibuat. Dengan pilih Office Button, kemudian pilih Save As dan pilih PowerPoint Presentation atau kalian bisa memilih format file sesuai keinginan. Sebagai contoh, saya merekomendasikan kepada kalian untuk membuat format PowerPoint 97-2003 Presentation, dikarenakan format file ini masih support untuk banyak Software.
    Contoh Slide Presentasi Powerpoint Yang Baik dan Menarik

(Baca juga : Cara Menampilkan Ekstensi File atau Tipe File di Windows 7)

Itulah Cara Membuat Presentasi Menggunakan PowerPoint dengan Cepat dari saya, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa lihat lagi Tutorial yang lain di blog saya.

Jangan lupa untuk memberi masukan di kolom Komentar kepada saya, karena Kritik dan Saran dari kalian, begitu berarti bagi saya. Share Artikel ini agar Tutorial ini bermanfaat bagi semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar