Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Sabtu, 01 April 2017

Cara Memasang Widget di Blogger

Dalam membuat sebuah blog kita harus mengenal apa itu yang dinamakan widget atau gadget. Widget atau gadget merupakan sebuah konten di dalam blog selain postingan dari blog itu sendiri kata mas Sugeng di blognya Sugeng.id. Untuk itu pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara memasang widget di blogger.

(Baca juga : Cara Membuat Widget Artikel Terbaru Super Ringan di Blog)

Tapi bagi saya widget atau gadget adalah sebuah konten sederhana yang berada di samping-samping blog. Terserah kalian sih, mau mendefinisikan widget atau gadget itu apa. Yang penting itu juga yang di bahas.
Cara Memasang Widget di Blogger

Jika kalian tidak mengerti juga, langsung saja di praktekan langkah-langkah dari saya. Tidak usah malu mencoba, karena kita disini sama-sama belajar. Dalam membuat widget atau gadget ini sebetulnya tidak terlalu sulit, karena Blogger.com sekarang lebih memudahkan para pengguna blogger untuk berkreasi.

Untuk cara membuat widget dan gadget, tinggal ikuti langkah-langkah dari saya berikut ini.

(Baca juga : Cara Mudah Membuat Widget Artikel Pilihan Di Blog)

Cara Memasang Widget di Blogger

  1. Seperti biasa yang pertama kalian lakukan adalah masuk ke halaman Blogger.com, lalu login. Kemudian setelah login, dihalaman awal pilih menu Tata letak.
    Cara Memasang Widget di Blogs
  2. Setelah muncul tampilan Tata letak, kalian bisa menambahkan widget yang belum ada di blog kalian dengan memilih Tambah widget.
    Cara Menambah dan Memasang Widget Di Blog
  3. Selanjutnya blogger sudah menyediakan pilihan-pilihan widget yang ada, klik tanda tambah untuk menambah widgetnya. Memang banyak pilihan widget yang ada, tapi kalian tidak harus memasang semuanya. Karena jika berlebihan memasang widget, malah akan membuat tampilan blog kalian semakin memburuk. Jadi pilih saja seperlunya widget yang digunakan.
    Cara Menambahkan Dan Memasang Widget Pada Blog
  4. Untuk widget yang perlu ditambahkan, biasanya para blogger membutuhkan widget Enteri Populer, Label, Arsip, dan Profil. Widget-widget tersebut memiliki fungsi tersendiri, Enteri Populer berguna untuk memilah artikel terbaik kalian. Label berguna untuk menampilkan label-label yang sudah kalian buat di artikel. Arsip berguna untuk menampilkan artikel kalian dari awal kalian membuat artikel, sampai kalian membuat artikel saat ini. Dan yang terakhir yaitu Profil berguna untuk menampilkan Profil kalian.
  5. Selain itu ada juga widget HTML/JavaScript, widget ini adalah widget favorit para blogger. Karena disini para blogger bisa mengkreasikan ide mereka, untuk blogger pemula sebaiknya hanya memakai widget yang tersedia terlebih dahulu. Jika kalian ingin mempelajari tentang widget HTML/JavaScript silahkan pelajari dulu mengenai Bahasa programming. Kemudian widget ini juga berguna untuk menambahkan iklan dari pihak ketiga, tentunya setelah kalian menjadi blogger yang sudah memiliki konten yang memadai baru setelah itu kalian bisa mendapat iklan.
  6. Untuk melihat tampilan widget yang sudah kalian pilih, silakan pilih Simpan setelan lalu pilih Pratinjau untuk melihat. Atau setelah kalian memilih Simpan setelan, kalian bisa langsung pilih Lihat blog.
    Cara Memasang Jam Di Blog Keren
  7. Ini dia widget yang sudah saya masukan, yaitu widget Popular Post atau Enteri Populer.
    Cara Menambahkan dan Mengatur Gadget / Widget di Blogger

(Baca juga : Cara Membuat Widget Recent Post Multi Color Keren di Blogger)

Untuk langkah selanjutnya, silahkan kalian pilih widget seperlunya. Untuk tutorial selanjutnya silahkan baca artikel blog saya.

Jangan lupa untuk memberi masukan di kolom Komentar kepada saya, karena Kritik dan Saran dari kalian, begitu berarti bagi saya. Share Artikel ini agar Tutorial ini bermanfaat bagi semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar