Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Sabtu, 06 Mei 2017

Cara Membuat Contact Form Sederhana Langsung Masuk ke Email

Kita tahu Contact Form adalah hal yang wajib dimiliki oleh sebuah blog atau sebuah situs website. Gunanya adalah untuk memberikan informasi kepada admin sebuah blog atau situs tersebut, baik itu informasi bug ataupun kesalahan dalam blog tersebut. Untuk itu pada tutorial kali ini saya akan memberikan cara membuat contact form sederhana langsung masuk ke email.

(Baca juga : Cara Termudah Membuat Privacy Policy Tanpa Di Ketik)

Tidak hanya memberitahukan hal itu saja, Contact Form juga berfungsi sebagai alat berinteraksi kedua setelah kolom komentar kepada admin suatu blog tersebut. Sehingga pesan rahasia yang kita buat juga tidak terlihat oleh orang lain.
Cara Membuat Contact Form Sederhana Langsung Masuk ke Email

Jika kita memiliki Disclaimer, Terms of Services, dan Privacy Policy. Kita pastinya harus memiliki Contact Form, karena 3 halaman tadi sangat berkaitan dengan Contact Form.

Jadi itulah kenapa saya bilang Contact Form itu hal yang wajib kalian miliki dalam membuat sebuah blog. Bagi kalian yang ingin tahu cara membuat Contact Form dari saya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

(Baca juga : Cara Mudah Membuat Disclaimer Untuk Blog Dengan Disclaimer Generator)

Cara Membuat Contact Form Sederhana

  1. Langkah pertama buka website Foxyform.com, disini saya menggunakan website tersebut untuk membuat Contact Form.
  2. Setelah masuk di halaman awal, sekarang buat pengaturan untuk Contact Form kalian. Sebagai contoh disini saya hanya menggunakan pengaturan defaultnya saja.
    Cara Membuat Contact Form di Halaman Statis Blog
    • Catatan : required field digunakan untuk mengatur kolom yang harus di isi di Contact Form kalian.
  3. Jika kalian ingin menampilkan pengaturan lainnya, pilih Show further option, maka akan tampilan pengaturan tambahan kolom yang ingin kalian tampilkan di Contact Form.
    Cara Membuat Halaman Contact Form (Contact Me)
  4. Setelah selesai mengatur Contact Form kalian, kalian bisa melihat tampilan Contact Form yang kalian buat di halaman bawah.
    Cara Membuat Contact Form di Blogger Paling Mudah
  5. Sekarang masukan email kalian di kolom YOUR E-MAIL ADDRESS dan masukan CAPTCHA di kolom ANTISPAM PROTECTION, setelah selesai pilih Create Formular.
    Membuat Contact Form Email Dengan PHP
  6. Kalian akan masuk ke halaman selanjutnya, lalu copy script ini.
    Cara membuat contact form sederhana
  7. Masuk ke akun Blogger kalian.
  8. Pilih menu Laman, kemudian pilih Laman baru.
  9. Masukan script yang sudah di copy tadi di tab HTML pada Laman baru kalian.
    cara membuat kontak kami di blogspot
  10. Buat nama Contact Form atau Contact di Judul laman, kemudian pilih Publikasikan.


Sekarang kalian sudah memiliki Contact Form, untuk mencobanya silahkan kirim pesan melalui Contact Form kalian, jika berhasil maka email kalian akan mendapatkan pesan melalui Contact Form kalian.

Demikian tutorial singkat dari saya mengenai cara membuat Contact Form sederhana. Jika ada pertanyaan silahkan masukan ke dalam kolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya ini. Jangan lupa baca juga artikel saya tentang cara membuat Disclaimer, Privacy Policy, dan Terms of Service. Karena 3 hal tersebut masih berhubungan dengan Contact Form ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar