Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Senin, 24 Agustus 2015

Pengertian Koran Lengkap

pengertian koran
Arti dan Pengertian Koran atau Surat Kabar secara lengkap - Sebenarnya koran masuk dalam kategori media cetak atau lebih tepatnya surat kabar yang biasa menyajikan informasi terkini, namun apakah kalian sudah mengetahui definisi koran yang sebenarnya? Banyak diantara kita membacanya namun masih belum paham sebenarnya bagaimana penjelasannya dengan lengkap, maka dari itu saya disini akan membahas artinya secara lengkap, detail, dan tentunya mudah dimengerti.

Sudah tahu bedanya koran dengan surat kabar?

Tahukah kalian bahwa sebenarnya arti keduanya memiliki kesamaan, lalu apa perbedaanya? Nah, kalian juga akan tahu jika membaca artikel ini dengan lengkap, tapi sebelum itu mari simak penjelasan berikut terlebih dahulu untuk memperjelas  mengenai pembahasan kali ini.

Sering kali kita melihat orang membaca surat kabar, atau bahkan kalian sendiri sering membacanya setiap hari. Pastinya kalian juga tidak asing lagi dengan media massa yang satu ini karena bukan hanya dijadikan sebagai media pemberi informasi tetapi koran juga digunakan dalam berbagai bentuk, tujuan, dan kondisi. Contohnya ketika kalian melihat ada cabai yang dibungkus dengan koran, sebagai wadah yang biasa ditemui di pasar-pasar tradisional.

Tetapi fungsi utama tentu saja sebagai media pemberi informasi terbaru yang ada di lingkungan sekitar, setiap pagi ataupun siang hari para orang tua banyak yang hobi membaca surat kabar, saat ada sedikit waktu luang, dari pada tidak melakukan apa-apa biasanya mereka para orang tua memilih untuk membaca informasi dari media massa seperti surat kabar maupun koran.

bapak-bapak membaca koran


Kita sering juga melihat di Televisi yang memperlihatkan scene saat pagi hari ada bapak-bapak memakai sarung dan mengenakan kaos yang keluar dari rumah lalu duduk dikursi setelah itu membaca koran sambil minum kopi, ya betul sekali! scene seperti ini banyak kita jumapi di saat melihat sinetron Indonesia ataupun di film-film yang ada di Indonesia. Baiklah saya mulai pembahasannya dari sini :

Pengertian Koran dari segi Bahasa

Untuk penjelasan dari segi bahasa atau arti kata Sebenarnya masih sedikit sulit untuk ditemukan bagaimana penjelasannya dari segi bahasa, namun ada yang menyebutkan bahwa di ambil dari bahasa arab yakni "Quran" karena kedua kata ini sangat berdekatan atau mirip antara satu dengan lainnya, Quran memiliki arti Bacaan yaitu lebih tepatnya sebuah tulisan yang dibaca seperti Al-Qur'an dalam agama Islam. Versi kedua ada juga seseorang menyatakan bahwa berasal dari kata "Courantos" dalam bahasa Jerman, Courantos adalah sebuah buletin yang ada sekitar abad ke-16 masehi di Jerman.

Dan ada juga menyebutkan jika berasal dari bahasa Prancis yaitu "Courant" dan terkahir mengatakan jika koran di ambil dari bahasa belanda yaitu "Kran". Keduanya memiliki makna sama yaitu suatu bacaan ringan yang diterbitkan dan bisa dengan mudah kita buang.

Namun mengingat dahulu bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Eropa khususnya Belanda mungkin penamaannya di ambil dari bahasa belanda, dahulu koran mutlak milik bangsa Eropa dan isinya hanya seputar kehidupan bangsa Eropa. Atau sering disebut sebagai babak putih, periode ini berlangsung sekitar 1744-1854.

Pengertian Koran dari segi Istilah

Pengertian koran adalah : Sebuah media massa yang di cetak dan disusun atau dibentuk dari kertas buran berukuran besar yang isinya memuat tentang informasi-informasi seputar kehidupan sehari-hari dan informasi sekitar, berita yang ada di dalamnya dicari dan ditulis oleh para jurnalis ataupun wartawan.

Definisi koran lebih lengkap :

definisi koran

Bentuknya terdiri dari kertas yang berukuran besar, dan dibentuk dari kertas buram dengan ukuran font tulisan sekitar 12px. Diterbitkan oleh suatu lembaga atau perusahaan tertentu seperti Koran Sindo atau Suara Merdeka diperuntukkan dengan tujuan komersial bagi penerbit. Karena ukurannya yang besar biasanya di tekuk menjadi lebih kecil agar mudah dibawa, selain itu terdiri dari kurang dari 30 halaman jadi bisa mudah ditekuk menjadi dua atau empat bagian. Selain itu dengan ukuran tulisan yang relatif kecil bagi orang tua umumnya mereka akan memakai kacamata untuk membaca surat kabar ini agar tulisan bisa mudah dibaca dan lebih jelas.

Dari mana penerbit koran mendapatkan keuntungan?

Biasanya mereka memperoleh keuntungan dari iklan yang disisipkan di dalamnya, kalian jika sudah pernah membacanya pasti pernah melihat ada iklan-ikaln kecil seperti iklan pencaian pegawai, penjualan rumah, atau anak hilang. Beberapa perusahaan juga meilirik surat kabar ini sebagai media promosi dengan pemasangan iklan bergambar dan berwarna karena perusahaan tau bahwa cara ini sangat efektif mengingat orang yang menikmati berita dalam koran di Indonesia sangatlah banyak. Untuk biaya pemasangan iklan sepertinya cukup mahal terlebih jika memakai gambar dan bahkan berwarna.

Bagaimana, kalian sudah paham Pengertian Koran Lengkap yang saya sampaikan? mari simak penejlasan berikut untuk memperjelas :

Lalu apa saja isinya? Koran bertujuan untuk memberikan informasi atau berita-berita terkini jadi isinya lebih menitikberatkan informasi terkini yang ada disekitar kita, contohnya adalah berita kenaikan bensin, berita kebakaran, kecelakaan, kejahatan, kejadian alam, selain itu berita ekonomi juag disajikan di dalamnya.

Kebanyakan surat kabar cetak yang satu ini dibentuk dari beberapa bagian, ada bagian tentang berita kejahatan, berita sepak bola, berita tentang politik, berita perkembangan dan prestasi pendidikan di sekitar daerah atau di Indonesia, bahkan di dalamnya juga terdapat iklan-iklan kecil dan kita juga bisa memasang iklan disana dengan sejumlah uang tertentu. Sekarang ini cakupan informasi yang di muat sudah cukup besar sampai tentang percintaan dan keluhan masyarakat dengan kotanya.

Seperti yang saya sampaikan bahwa surat kabar yang satu ini memuat berita tentang kejadian sekitar jadi isinya lebih menitikberatkan pada kejadian yang ada dikota tertentu, contohnya jika koran Semarang maka di dalamnya akan lebih banyak memuat kejadian yang ada di Semarang. Namun untuk masalah politik ataupun percintaan seperti penjelasan di atas biasanya cakupannya untuk umum atau tidak hanya diperuntukkan bagi masyarakat Semarang.

Dari zaman Belanda, koran tidak pernah tergerus oleh perkembangan zaman dan teknologi, alasannya karena koran selalu mengikuti perkembangan zaman dan informasi di dalamnya tidak hanya diperuntukkan oleh kaum tua namun bagi mereka pecinta bola atau olehraga dampai anak muda juga bisa menikmati sajian yang ditulis di dalamnya.

Oh iya, biasanya ditebitkan atau dicetak per hari, jadi setiap hari isinya akan berbeda sesuai informasi terbaru yang ada. Meskipun ada juga yang diterbitkan per minggu, per bulan bahkan per tahun.

Untuk informasi saja jurnalis atau wartawan yang mencari berita harus belajar dahulu, mulai dari belajar caranya mencari berita, belajar menulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti dan lain sebagainya, mereka akan menyajikan berita yang valid dan benar-benar terjadi seperti fakta-fakta yang ada, jika berupa opini maka biasanya berupa opini yang kuat.

Jenisnya? Ada beberapa macam yakni surat kabar harian, bulanan, tahunan, lalu dibagi lagi menajdi surat kabar harian nasional , daerah, dan lokal. Lalu jenis berita yang ada ialah News atau Straight News yang berarti disajikan berita apa adanya sesuai kejadian sebenarnya.

Apa bedanya koran dengan surat kabar?

Sebenarnya keduanya sama saja, koran adalah sebutan atau penamaan yang dipakai di Indonesia, nama asli adalah surat kabar.

4 syarat utama yang menjadi ciri Surat Kabar atau koran

  1. Publisitas atau Publicity yakni berarti informasi di dalamnya dikhususkan atau diperuntukkan bagi khalayak ramai
  2. Periodesitas atau Periodicity yaitu Keteraturan dalam masa cetaknya, bisa satu hari sekali, satu minggu sekali, atau lainnya
  3. Universalitas atau Universality yaitu Isinya ada banyak dan terdiri dari berbagai macam, serta berita di dalamnya datang dari berbagai penjuru negeri bahkan dunia
  4. Aktualitas atau Actuality yaitu di dalamnya memuat informasi terbaru yang ada di lapangan.
Sebenarnya bukan hanya koran yang menjadi media penyampaian informasi pada khalayak ramai, namun buletin, majalah, tabloit, selebaran, poster, surat kabar juga menjadi sumber informasi bagi masyarakat umum, Namun koran menjadi salah satu yang paling diminati karena isi di dalamnya lengkap dan harga yang terjangkau bagi masyarakat umumnya. Bahkan sekarang ini sudah ada koran digital namun untuk pembahasannya saya jelaskan dilain waktu.

surat kabar digital


mungkin sekian postingan Pengertian Koran Lengkap saya semoga bermanfaat bagi kalian yang sudah menyempatkan diri untuk membacanya sampai selesai semoga mudah dimengerti oleh kalian, jangan lupa bertanya atau sampaikan sesuatu dengan menulis di komentar jika ada unek-unek dipikiran kalian katakan apakah artikel ini sudah lengkap?, saya sudahi postingan ini sampai jumpa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar