Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Senin, 24 Agustus 2015

Pengertian Tindakan Medis Mudah Dimengerti

pengertian tindakan medis
Pengertian tindakan medis - apakah kalian bingung apa sih definisi, arti, atau pengertian tindakan medis? Pertanyaan tersebut akan saya jawab disini, tentunya dengan lengkap dan mudah dimengerti. Mari simak penjelasan saya disini.

Tindakan medis adalah perlakuan atau kegiatan yang dilakukan oleh dokter kepada pasiennya atau pada orang yang sedang sakit dengan tujuan mengobati, merawat, memelihara, atau memulihkan kesehatan pasien yang menderita penyakit. Perlakuan dokter tersebut bisa berupa tindakan yang bertujuan agar penyakit yang ada menjadi smebuh, ada pula tindakan yang bertujuan untuk memelihara atau merawat luka yang di derita agar tidak semakin parah.

hal yang dilakukan pada tindakan medis

Umumnya tindakan-tindakan yang ada tidak menyenangkan, karena perlakuan medis terkadang menggunakan alat-alat khusus yang mungkin bagi beberapa orang akan merasa ngeri jika melihatnya. Namun karena perkembangan zaman, alat yang dipakai saat ini jauh lebih aman daripada zaman dahulu, seperti contoh amputasi jaman dulu menggunakan pisau yang dibersihakan apa adanya. Sementara masa kini menggunakan pisau amputasi ataupun pisau bedah khusus untuk melakukan pengamputasian selain itu sudah terjamin kesterilan alat yang digunakan.

Tindakan medis sebenarnya hanya boleh dipraktekkan oleh tenaga medik yang sudah terlatih atau berpengalaman seperti dokter. Dokter sudah melewati banyak pengajaran mengenai dunia kesehatan karena itu ia boleh melakukan perlakuan medis yang ditujukan bagi pasien. Sangat beresiko jika melakukan tindakan yang sembarangan karena bisa menyebabkan luka yang lebih parah bagi penderita penyakit khususnya luka luar. Sering terjadi infeksi karena perlakuan yang tidak tepat dan tidak dilakukan tenaga medis yang mumpuni. Kejadian mal praktek pun sering terjadi bahkan sering kali dimuat dalam media massa seperti Televisi maupun Koran.

contoh tindakan medis

Karena dinamakan tindakan medik maka hal-hal yang dilakukan berdasarkan pengetahuan dan pengamatan pada luka yang terjadi, diperlukan keputusan matang dan tepat agar terhindar dari adanya mal praktek atau kesalahan yang menyebabkan luka/penyakit makin parah. Selain itu ada etika khusus yang diperuntukkan  bagi dokter agar hal tidak diinginkan bisa terhindari. Jadi bagi kalian jangan sekali-kali memainkan peralatan medis untuk iseng karena semuanya ada prosedur pemakaian yang wajib dipatuhi.

Gunawadi mengatakan ada 4 hal yang perlu dipatuhi oleh dokter dalam melakukan tindakan pada pasien, sebagai berikut :

  1. Sudah ada persetujuan
  2. Perlakuan berdasarkan standart atau aturan yang berlaku serta prosedur operasional
  3. Terdapat indikasi medik
  4. Hati-hati dan dilakukan dengan teliti
Sekian artikel saya kali ini, apakah mudah dimengerti? semoga bermanfaat bagi kalian jika ada pertanyaan silakan tulis di komentar, Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar