Informasi mengenai semua hal teknologi terbaru, tutorial, berita, edukasi, pembelajarn.

Rabu, 26 Agustus 2015

Pengertian Revolusi

pengertian revolusi

Pengertian Revolusi - Jika kita membahas sesuatu yang berhubungan dengan revolusi maupun evolusi maka kita tidak akan lepas dari yang namanya perubahan, dikarenakan sebenarnya kata revolusi dibentuk dari kata perubahan, namun perubahan apa yang dimaksudkan disini? mari simak penjelasan dari postingan ini. Namun untuk memberikan penjelasan yang lengkap alangkah baik jika kalian membaca ulasan singkat berikut ini terlebih dahulu.

Dalam masyarakat, dunia pendidikan, astronomi, pemerintahan, bahkan sampai pada dunia perindustrian sternyata istilah ini sering kali digunakan, contohnya adalah Penamaan peputaran bumi yang mengelilingi matahari disebut Revolusi Bumi. Lebih jauh lagi, istilah ini digunakan juga pada bidang pertanian, yaitu Rebolusi Hijau, namun penjelasannya akan saya bahas di artikel ini pada bagian bawah.

Setelah membaca ulasan di atas, kita tahu bahwa kata Revolusi digunakan dalam berbagai bidang, namun pada dasarnya kata ini memiliki arti umum yaitu perubahan secara cepat. Yang pertama kalian lakukan untuk memahami istilah ini adalah kalian harus tahu bahwa makna yang terkandung dalam istilah ini berbeda dengan istilah yang ada pada kata Evolusi karena meskipun memiliki susunan kata yang mirip namun keduanya sangatlah berbeda. Untuk penjelasan tentang apa itu Evolusi akan saya bahas pada artikel lain.

Pengertian Revolusi

Revolusi adalah sebuah perubahan yang terjadi secara singkat atau dalam kurun waktu yang tidak lama pada bidang tertentu, terjadi bisa dikarenakan faktor kesengajaan ataupun tidak disengaja sama sekali. Pada intinya adalah adanya perubahan yang terjadi secara singkat. Revolusi bisa terjadi pada banyak hal seperti pada kehidupan, budaya, maupun ekonomi dan tentunya dalam setiap bidang memiliki makna berbeda.

Contohnya Revolusi Bumi yang berarti perputaran bumi mengelilingi matahari selama satu tahun dan Revolusi Hijau yang berarti perubahan pada bidang teknologi budidaya tanaman. Ada juga Revolusi Mental, Prancis, Pahlawan Revolusi, dan masih banyak lagi. Untuk itu saya akan memberikan pengertiannya dari masing-masing sehingga kalian tidak bingung lagi nantinya, mari simak pengertian istilah-istilah yang ada disekitar kita, berikut ini :

1. Revolusi Bumi

Adalah perputaran planet Bumi yang terjadi mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya selama kurang lebih 365 hari.

2. Revolusi Dalam Bidang Pemerintahan

Perubahan ketatanegaraan yang terjadi secara cepat, baik itu menggunakan kekerasan ataupun tanpa adanya kekerasan

3. Revolusi Dalam Kehidupan Sosial Budaya

Terjadinya perubahan pada keadaan masyarakat baik itu dalam sisi kebudayaan ataupun sosial dan terjadi secara singkat serta menyangkut hal-hal berhubungan dengan pokok kehidupan di masyarakat

4. Revolusi Hijau

Adalah penamaan yang digunakan secara tidak resmi untuk menggambarkan pergantian pada pemakaian teknologi dalam bidang budidaya pertanian. Keadaan ini terjadi antara 1950-an sampai 1980-an terutama pada negara-negara berkembang seperti Indonesia

5. Revolusi Prancis

Suatu keadaan yang terjadi di negara Prancis dengan adanya penolakan politik, keadaan ini berdampak pada sejarah negara Prancis bahkan dampaknya hingga ke negara Eropa secara keseluruhan, rakyat Prancis mengalami transformasi politik dan monarki mutlak dihancurkan para anggota kelompok politik radikal sayap kiri

Setelah memahami hal-hal yang ada di atas diharapkan kalian mengerti, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Sekian postingan saya kali ini, nantikan postingan saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar